Bloggerhelper

talk about blogging, content, music and design

17 cara sebelum memesan LOGO brand perusahaan


Sebuah tanda baru akan memiliki makna tertentu jika ia digabungkan dengan tanda lain. Coba deh, Anda bayangkan, jika huruf "A" dibiarkan berdiri sendiri, maka tafsirnya bisa beragam. Belum lagi cara membacanya. Lain bahasa, lain pula bunyi pengucapannya. Bahkan ada perusahaan yang mau menghabiskan hingga milyaran rupiah untuk mengukuhkan bahwa huruf A identik dengan produknya. Saya ambil contoh rokok A mild, keluaran HM Sampoerna, huruf A classic tersebut - sepertinya- sudah menjadi milik A mild. Coba deh, tempelkan jenis huruf itu ke benda lain selain rokok, raket nyamuk misalnya. Orang yang melihatnya bisa saja salah sangka: " Oh, ternyata Sampoerna juga bikin raket nyamuk sekarang."

Sebelum membuat logo 
Seringkali kami mengajak untuk melakukan brainstorming. Tujuannya untuk mencari simpul dari beragam ide yang bertebaran. Agar setelah jadi, semua happy. Dalam melakukan brainstorming, kami menggunakan 17 mantra wajib:

1. Deskripsikan produk, jasa dan komunitas Anda

Seperti apa produk perusahaan Anda: Barang, jasa, atau komunitas. contoh request: Hi, bloggerhelper. Saya memiliki komunitas alumni sma. Anggotanya sekitar seribu orang. Sekolah kami adalah sekolah para calon pastur. Kami ingin melakukan reuni. Dalam reuni ini kami ingin menguatkan ikatan satu sama lain. Jangan setelah reuni, bubar begitu saja. Bisa nggak kami dibuatkan logo terkait dengan komunitas ini. Kami lebih suka jika logo tersebut disertai dengan filosofi yang religius.

2.Tujuan jangka panjang perusahaan, atau komunitas
Perusahaan yang hebat itu umurnya panjang. Karyawannya makin banyak dan makmur. Banyak lamaran kerja yang masuk, namun banyak pula yang lebih dari 10 tahun mengabdi. Semakin hari, semakin banyak orang yang mengenali lewat logonya saja. Ambil contoh: apple, google, sampoerna, dan unilever. Umumnya order yang masuk ke bloggerhelper menginginkan logo dari bentuk dan warnanya saja. Nah, ada satu yang bercerita tentang visi jangka panjang perusahaannya. Begini cuplikan terjemahan emailnya: "...secara singkat, visi perusahaan ini adalah menjodohkan semua orang yang masih single. Jika pasangan yang kami jodohkan mengalami ketidakcocokan dalam rumah tangga mereka boleh kembali untuk conseling..."

3. Penggunaan Logo.

Bergerak di dibang apa perusahaan Anda: online atau offline. Lebih sering memesan media promosi cetak seperti spanduk, flyer, poster, iklan koran, majalah, atau media digital. Seperti cuplikan pemesanan logo lewat email berikut ini (terjemahan):" ...kami perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan apps. Logo simple, meriah, namun jangan terlalu banyak warna. Ikuti saja warna yang ada di rubik.."

4. Kompetitor perusahaan Anda. 

Jika perusahaan Anda menggunakan sosmed sebagai salah satu media promosi, maka aktifitas kompetitor Anda bisa dipantau dengan mudah lewat page. Umumnya para pemesan logo, selain memiliki selera visual, mereka juga memiliki pesaing secara visual pula. Seperti diungkapkan oleh salah seorang client dari portugal, dia bilang:"...saya ingin perusahaan saya dibanding lebih elit dibanding kompetitor. Di benak saya, yang elit itu identik dengan roll royce. So tolong buatkan saya huruf "R" yang lebih elit dibanding logo roll royce.."
 
5. Apa yang membuat perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor. 
Ketatnya persaingan antar perusahaan membuat keinginan untuk menang semakin besar. Kalau perlu menang di semua bidang, mulai dari tempat parkir hingga meja meeting. Sebisa mungkin, kompetitor melihat perusahaan kita leading. Meskipun belum leading-bahkan belum melangkah-  mereka waspada akibat image yang kita buat. Inilah makna sesungguhnya "dari perbedaan". Untuk apa berbeda kalau nggak ada potendi untung besar?

6. Target market perusahaan Anda.
Warna menunjukkan pasar, usia, derajat, pangkat, komunitas, dan keinginan. Memang tidak mutlak, namun  bisa dibaca kecenderungannya. Apakah yang Anda pribadi inginkan apakah selalu sesuai dengan pasar barang dan jasa Anda? Jika bisnis adalah passion Anda, maka selera Anda ada di pasar Anda. Begitu juga soal warna. Pernah ada request bikin logo " Persewaan mobil dengan warna yang centil." Jauh dari kesan elite. Why? Sebab mereka tinggal di daerah wisata. Tempat orang bersenang-senang. Bukan hutan gedung atau pantai kertas. 

7. Anda memiliki kalimat andalan atau tagline.
"Hi, bloggerhelper. Beri saya saran agar rekan-rekan di kantor saya semangat ikut meeting. Banyak diantara mereka menganggap meeting itu tidak penting. Meeting itu arena penuh busa untuk segelas bir yang tinggal seperempatnya. Send me an idea, OK?" Bagi saya, kesederhanaan adalah ketelanjangan. Kaki telanjang menggambarkan kesederhanaan itu. Dan kemewahan itu sendiri = kesederhanaan + damai. So Let's go to our meeting room.

8. Punya Image favorit?
Perusahaan saya menjual jamur berkualitas. Maka saya ingin gambar  3 jenis jamur andalan. Kasih tulisan Fine Fungi. dan yakinkan calon client saya dengan tagline:"Finest Organic Mushrooms." Selesai. Ini wujud kesederhanaan itu tadi. Aku jual jamur ya bilang jamur. Aku suguhkan jamur berkualitas. Umumnya perusahaan seperti ini mengutamakan fakta dan testimoni nyata dari para pelanggannya. Dan yang disebut image favorit, ya gambar jamur yang dia jual itu. 

9. Memiliki Brand Color?
Brand color umumnya disukai oleh owner perusahaan. Dari warna kesukaan itu dituangkan ke dalam logo, atau warna wajib segala produk perusahaan. Contoh: Perusahaan Pena asal Italia ini mengirim email ke andre_bloggerhelper@yahoo.com. Mereka meminta warna corporate jadi satu ke dalam logo. Warna tersebut dikirim dalam bentuk bilangan hexa. Sebab tujuan awalnya memang ingin menggunakan logo ini web.

10. Warna Favorit
Warna favorit tidahk harus dominan. Sebagai aksen pun oke. Soal warna, hampir pasti soal selera. Selebihnya ingin berbaur atau ingin lebih menonjol dibanding logo kompetitor. Dulu aku pernah beranggapan bahwa logo sekolah tidak akan menggunakan warna hitam . Namun sekarang banyak sekali sekolah, dan kampus menggunakan warna hitam sebagai warna kebanggaan almamater.


11. Kata sifat favorit?
Kata sifat favorit dipakai untuk menguatkan visi - bisa juga - kinerja perusahaan. Misalnya deretan kata yang dipakai dalam logo soar 215 berikut ini. Mereka memintaku memuat jenis usaha dan tagline dalam logo mreka. 

12. Pesan yang ingin dikomunikasikan saat orang melihat logo Anda.

13. Anda ingin logo Anda berupa kata jadian atau kata biasa. 
Misalnya: blogger helper atau bloggerhelper

14. Punya typografi favorit? suka tebal, miring, semua kapital, atau huruf china.

15. Media apa yang paling sering dipasangi logo

16. Logo ini logo corporate atau logo produk?

17 .Murah, Baik, Cepat. Pilih dua saja. Mau ketiganya? ya menikahlah dengan si pembuat logo :)


Share this:

ABOUTME

Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment